PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Tahun Pelajaran 2020-2021 Semester 2 / Genap    
l    Jadwal Daring Matematika SMPN 5 TANGGUL    l    Kelas 7A Hari Senin Pukul 10.00-12.00 & 7B Hari Senin Pukul 07.00-09.00    l    Kelas 8A Hari Selasa Pukul 10.00-12.00 & 8B Hari Selasa Pukul 07.00-09.00    l    Kelas 9A Hari Rabu Pukul 07.00-09.00 & 9B Hari Rabu Pukul 10.00-12.00    l   
News Update :

    PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l    Garis dan Sudut   
                                   

PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Statistika   
                                   

    PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Bangun Ruang Sisi Lengkung    
                                   

Kelas 8 // BAB 4 // Peluang

Kamis, 20 Mei 2021

Tugas / Selasa, 25 Mei 2021

Silahkan di Baca dan di Pahami 
'fhalearning.blogspot.com'


Modul BAB 4 Peluang
Topik :
peluang empirik, ruang sampel, titik sampel, 
peluang teoritik, nilai peluang, frekuensi harapan, 
hubungan peluang empirik dan peluang teoritik
__________________________________
di tulis di buku catatan MTK

Peluang
adalah kemungkinan yang mungkin terjadi/muncul dari suatu peristiwa 

_________________________________
Peluang Empirik
suatu percobaan yang dilakukan secara terus menerus 
contoh
Percobaan melambungkan sebuah koin sebanyak 100 kali
data sebagai berikut :
muncul Angka ( A ) adalah 52 maka perbandingan 
banyak muncul dan banyaknya percobaan adalah 52 / 100
muncul Gambar ( G ) adalah 48 maka perbandingan
banyak muncul dan banyaknya percobaan adalah 48/100

jadi;
n(A) adalah banyaknya muncul kejadian A dan B kali percobaan, maka peluang empirik atau frekuensi relatif kejadian A dalam B kali percobaan adalah :

frekunensi relatif = banyaknya kejadian / banyaknya percobaan

Peluang empirik muncul Angka (A) ; 
52/100 = 0,52
Peluang empirik muncul Gambar (G) ; 
48/100 = 0,48
___________________
contoh ; 
Pada percobaan melambung sebuah dadu sebanyak 150 kali, mata dadu 5 muncul sebanyak 27 kali. Berapa peluang empiriknya?

Jawab;
banyaknya kejadian muncul / bnayak percobaan
maka
27/150

Jadi, peluang empirik  adalah 27 / 150
_________________________________
Ruang Sampel
adalah merupakan himpunan semua kejadian yang mungkin diperoleh dari suatu percobaan.
Ruang sampel dilambangkan dengan S dan banyaknya anggota ruang sampel dilambangkan dengan n(S).

"Mari Belajar menentukan Ruang Sampel" 

Pelemparan sebuah koin
tentukan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel
jawab: 
ruang sampelnya adalah S = {A, G}
banyaknya ruang sampel adalah n( S ) = 2

Pelemparan dua buah koin
tentukan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel
jawab: 
ruang sampelnya adalah S = {AA, AG, GA, GG}
banyaknya ruang sampel adalah n( S ) =  = 4

kesimpulan untuk rumus banyak sampel uang logam maka
n( S ) = 2n  , dengan n banyaknya uang logam

kesimpulan untuk rumus banyak sampel dadu maka
n( S ) = 6n , dengan n banyaknya dadu

_________________________________
Titik Sampel
adalah merupakan kemungkinan yang muncul atau terjadi yang termasuk dalam ruang sampel.

"Mari Belajar menentukan Titik Sampel" 

Pelemparan sebuah koin
tentukan titik sampel muncul gambar
jawab: 
titik sampelnya adalah A = {G}
banyaknya titik sampel adalah n( A ) = 1

Pelemparan dua buah koin
tentukan titik sampel muncul satu angka
jawab: 
titik sampelnya adalah A = {AG, GA}
banyaknya titik sampel adalah n( A ) = 2

Pelemparan satu buah dadu
tentukan titik sampel muncul mata dadu genap
jawab: 
titik sampelnya adalah A = {2, 4, 6}
banyaknya titik sampel adalah n( A ) = 3

Pelemparan dua buah dadu
tentukan titik sampel muncul mata dadu berjumlah 6
jawab: 
titik sampelnya adalah A = {(1, 5), (2, 4), (3, 3), (4, 2), (5, 1)}
banyaknya titik sampel adalah n( A ) = 5
_________________________________
Peluang Teoritik
merupakan perbandingan dari banyak kejadian yang dimaksud dengan semua kejadian yang mungkin terjadi 

Seandainya terdapat soal yang hanya menyebutkan peluang, maka yang dimaksud adalah peluang teoritik. Peluang teoritk atau peluang suatu kejadian dapat ditulis sebagai :

Rumus Peluang Teoritik

Keterangan:
P(A) = Peluang kejadian A
n(A) = banyak titik sampel kajadian A (banyaknya kejadian A)
n(S) = banyak anggota ruang sampel (semua kejadian yang mungkin terjadi)

Pelemparan sebuah koin
tentukan peluang muncul sisi gambar
jawab: 
titik sampel adalah A = {G}  n( A ) = 1
ruang sampel adalah S = {A,G} → n( S ) = 2
Peluang yakni
P(A) = n(A) / n(S)
P(A) = 1 / 2

Pelemparan dua buah koin
tentukan peluang muncul satu gambar
jawab: 
titik sampel adalah A = {AG,GA}  n( A ) = 2
ruang sampel adalah S = {AA, AG, GA, GG} → n( S ) = 4
Peluang yakni
P(A) = n(A) / n(S)
P(A) = 2 / 4

Pelemparan satu buah dadu
sebuah dadu digelindingkan sekali. Peluang munculnya mata dadu lebih dari 4 adalah ..
jawab: 
titik sampel mata dadu lebih dari 4 adalah A = {5,6}  n( A ) = 2
ruang sampel satu buah dadu adalah S = {1,2,3,4,5,6} → n( S ) = 61 = 6
Peluang yakni
P(A) = n(A) / n(S)
P(A) = 2 / 6
P(A) = 1 / 3

Pelemparan dua buah dadu
dua buah dadu digelindingkan sekali. Peluang munculnya mata dadu berjumlah 6 adalah ..
jawab: 
titik sampel mata dadu berjumlah 4 adalah A = {(1, 3), (2, 2), (3, 1)}  n( A ) = 3
ruang sampel satu buah dadu adalah  n( S ) = 6= 36
Peluang yakni
P(A) = n(A) / n(S)
P(A) = 3 / 36
P(A) = 1 / 12
_________________________________
Frekuensi Harapan
adalah frekuensi harapan dari suatu kejadian merupakan harapan banyaknya muncul suatu kejadian dari sejumlah percobaan.

"Mari Belajar menentukan Frekuensi Harapan"

Rumus Frekuensi Harapan
Fh = P(A) x N
Keterangan:
Fh = Frekuensi harapan
P(A) = Peluang kejadian A
N = banyak percobaan

contoh soal 1;
Sebuah dadu dilempar sebanyak 150 kali. Tentukan frekuensi harapan munculnya mata dadu perima !
Jawab;
n(S) = 6
titik sampel mata dadu prima; 2, 3, 5  n( A ) = 3
P(A) = n(A) / n(S)
P(A) = 3 / 6
P(A) = 1 / 2

Fh = P(A) x N
Fh = 1/2 x 150
Fh = 75

Jadi, frekuensi harapan muncul mata dadu prima adalah 75 kali


_______________________________________

Setelah membaca Modul di atas 
info : buku paket dibaca dan dipahami.. (di website ini ada buku kelas 8 semester 2 bisa kalian lihat)




Share this Article on :
 

© Copyright fajar is a teacher 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates || Modify by Fajar Harry P | Powered by Blogger.com.