PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Tahun Pelajaran 2020-2021 Semester 2 / Genap    
l    Jadwal Daring Matematika SMPN 5 TANGGUL    l    Kelas 7A Hari Senin Pukul 10.00-12.00 & 7B Hari Senin Pukul 07.00-09.00    l    Kelas 8A Hari Selasa Pukul 10.00-12.00 & 8B Hari Selasa Pukul 07.00-09.00    l    Kelas 9A Hari Rabu Pukul 07.00-09.00 & 9B Hari Rabu Pukul 10.00-12.00    l   
News Update :

    PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l    Garis dan Sudut   
                                   

PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Statistika   
                                   

    PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Bangun Ruang Sisi Lengkung    
                                   

Kelas 7 // BAB 4 // Garis dan Sudut (3)

Minggu, 04 April 2021

Tugas / Senin, 5 April 2021

Silahkan di Baca dan di Pahami 
'fhalearning.blogspot.com'


Modul BAB 4 Garis dan Sudut
Topik :  Hubungan antara dua sudut
(sub topik : sudut bertolak belakang)

___________________________________
di tulis di buku catatan MTK

F. Hubungan Antara Dua Sudut
___________________________________
___________________________________
Konsep Dasar sudut bertolang belakang -- Penting !!!



dari gambar di atas dapat dikatakan bahwa :
∠ 1 = 
3 akan memiliki besar sudut yang sama
∠ 2 = 4 akan memiliki besar sudut yang sama

dan
∠ 1 + ∠ 2  = 180° (berpelurus)
∠ 3 + ∠ 4  = 180° (berpelurus)
___________________________________
contoh 1; Tentukan semua sudut pada gambar berikut!
Diketahui :
∠ AOC = 35°
Ditanya : ∠ AOD, ∠ BOD, dan ∠ BOC 
Penyelesaiannya 
"analisis gambar diatas"
Jawab : 
✏ 
∠ AOC + ∠ AOD = 180° (berpelurus)
35° + ∠ AOD = 180°
∠ AOD = 180° - 35°
∠ AOD = 145°
∠ BOD = ∠ AOC = 35° (bertolak belakang)
∠ BOC = ∠ AOD = 145° (bertolak belakang)

Jadi;  ∠ AOD = 145° , ∠ BOD = 35° , dan ∠ BOC = 145°

jika di gambar seperti berikut;


___________________________________
contoh 2; Tentukan nilai  x pada gambar berikut!
Jawab : 
✏ 
3x 60° (bertolak belakang)
60° / 3
x = 20°

Jadi; nilai x = 20° 
_________________________________
contoh 3; Tentukan x, y, dan z pada gambar berikut!




Penyelesaiannya 
"analisis gambar diatas"
Jawab : 
✏ 
2x 120° (bertolak belakang)
120° / 2
x = 60°
✏ 
4y 52° (bertolak belakang)
52° / 4
y = 13°
✏ 
5z + 3 68° (bertolak belakang)
5z 68° - 3
5z = 65°
65° / 5
= 13°

Jadi; nilai x = 60° , y = 13° , dan z = 13°
___________________________________
contoh 4; Tentukan semua sudut pada gambar berikut!


Diketahui :
∠ AOD = (5x + 18)°
∠ AOB = (3x + 18)°
Ditanya : ∠ AOD, ∠ AOB, ∠ BOC dan ∠ COD 
Penyelesaiannya 
"analisis gambar diatas"
Jawab : 
✏ 
∠ AOC + ∠ AOB = 180° (berpelurus)
(5x + 18)° + (3x + 18)° 180°
5x° + 18° + 3x° + 18° = 180° 
5x° + 3x° + 18° 18° 180° 
8x° + 36° 180°
8x°  180° 36°
8x°  144° 
x°  144° / 8
x° = 18°

∠ AOD = (5x + 18)° = (5 . 18 + 18)° = (90 + 18)° = 108°
∠ AOB = (3x + 18)° = (3 . 18 + 18)° = (54 + 18)° = 72°
∠ BOC = ∠ AOD = 108° (bertolak belakang)
∠ COD = ∠ AOB = 72° (bertolak belakang)

Jadi;  ∠ AOD = 108° , ∠ AOB = 72° , ∠ BOC = 108°  dan ∠ COD = 72°

jika di gambar seperti berikut;


___________________________________
contoh 5; Tentukan x dan y dan semua sudut pada gambar berikut!


Diketahui :
∠ AED = (3x + 20)°
∠ CED = (6y + 25)°
∠ BEC = (5x - 10)°
Ditanya : ∠ AED, ∠ CED, ∠ BEC dan ∠ AEB 
Penyelesaiannya 
"analisis gambar diatas"
Jawab : 
✏ 
∠ AED = ∠ BEC  (bertolak belakang)
(3x + 20)° = (5x - 10)° 
3x° + 20° = 5x° - 10°
3x° - 5x° =  - 20° - 10°
 - 2x° =  - 30° 
x° =  - 30° / -2
x° =  15° 

∠ AED = (3x + 20)° = (3 . 15 + 20)° = (45 + 20)° = 65°
∠ BEC = (5x - 10)° = (5 . 15 - 10)° = (75 - 10)° = 65°
∠ CED + ∠ BEC = 180° (berpelurus)
(6y + 25)° + 65° = 180°
6y° + 25° + 65° = 180°
6y° + 90° = 180°
6y° = 180° - 90°
6y° = 90°
y° = 90° / 6
y° = 15°


∠ CED = (6y + 25)° = (6. 15 + 25)° = (90 + 25)° = 115°

∠ AEB = ∠ CED = 115° (bertolak belakang)

Jadi;  x° =  15°, y°   15°, ∠ AED = 65° , ∠ BEC = 65° , ∠ CED = 115°  dan ∠ AEB = 115°

jika di gambar seperti berikut;


_______________________________________
Setelah membaca Modul di atas 
info : buku paket dibaca dan dipahami.. (di website ini ada buku kelas 7 semester 2 bisa kalian lihat)




Share this Article on :
 

© Copyright fajar is a teacher 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates || Modify by Fajar Harry P | Powered by Blogger.com.