PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Tahun Pelajaran 2020-2021 Semester 2 / Genap    
l    Jadwal Daring Matematika SMPN 5 TANGGUL    l    Kelas 7A Hari Senin Pukul 10.00-12.00 & 7B Hari Senin Pukul 07.00-09.00    l    Kelas 8A Hari Selasa Pukul 10.00-12.00 & 8B Hari Selasa Pukul 07.00-09.00    l    Kelas 9A Hari Rabu Pukul 07.00-09.00 & 9B Hari Rabu Pukul 10.00-12.00    l   
News Update :

    PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l    Garis dan Sudut   
                                   

PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Statistika   
                                   

    PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA    l     Bangun Ruang Sisi Lengkung    
                                   

Kelas 7 // BAB 4 // Garis dan Sudut (2)

Jumat, 26 Maret 2021

Tugas / Senin, 29 Maret 2021

Silahkan di Baca dan di Pahami 
'fhalearning.blogspot.com'


Modul BAB 4 Garis dan Sudut
Topik :  Hubungan antara dua sudut

___________________________________
di tulis di buku catatan MTK

F. Hubungan Antara Dua Sudut
___________________________________
___________________________________
___________________________________
___________________________________
Konsep Dasar berpenyiku dan berpelurus -- Penting !!!



sudut berpenyiku : jumlah sudut di dalamnya maksimal adalah 90 derajat
sudut berpelurus : jumlah sudut di dalamnya maksimal adalah 180 derajat
___________________________________
contoh 1; Tentukan nilai x !

Penyelesaiannya 
"Gambar di atas menunjukkan sudut berpenyiku atau memiliki sudut siku-siku"
Jawab : 
45° + x° = 90°
x° = 90° - 45°
x° = 45°
Jadi; nilai x adalah 45°
___________________________________
contoh 2; Tentukan nilai x !



Penyelesaiannya 
"Gambar di atas menunjukkan sudut berpenyiku atau memiliki sudut siku-siku"
Jawab : 
45° + 3x° = 90°
3x° = 90° 45°
3x° = 45°
x° = 45°/3
x° = 15°
Jadi; nilai x adalah 15°
___________________________________
contoh 3; Tentukan nilai x , besar AQC dan besar BQC!


Penyelesaiannya 
"Gambar di atas menunjukkan sudut berpenyiku atau memiliki sudut siku-siku"
Jawab : 
(6x + 4)° + (5x + 9)° = 90°
6x° + 4° + 5x° + 9° = 90°
6x°  + 5x°  = 90° 4° 9°
11x°  = 90° 4° 9°
11x°  = 77°
x°  = 77°/11
x° = 7°
Jadi; nilai x adalah 7°

besar AQC(6x+4)° = (6 . 7 + 4)° = (42 + 4)° = 46°
Jadi; besar AQC adalah 46°

besar BQC(5x+9)° = (5 . 7 + 9)° = (35 + 9)° = 44°
Jadi; besar BQC adalah 44°
___________________________________
contoh 4; Tentukan nilai a !


Penyelesaiannya 
"Gambar di atas menunjukkan sudut berpelurus atau memiliki sudut 180 derajat"
Jawab : 
a° + 45°  = 180°
a°  = 180°  45° 
x°  = 135°
Jadi; nilai a adalah 135° atau besar sudut AOP =  135°
___________________________________
contoh 5; Tentukan nilai x, besar PRS dan besar SRQ!


Penyelesaiannya 
"Gambar di atas menunjukkan sudut  berpelurus atau memiliki sudut 180 derajat"
Jawab : 
3x°  + (5x+20)° = 180°
3x°  + 5x° + 20° = 180°
3x°  + 5x°  = 180° 20°
8x°  = 160°
x°  = 160°/8
x° = 20°
Jadi; nilai x adalah 20°

besar PRS = 3x° = 3 . 20° = 60°
Jadi; besar PRS adalah 60°

besar SRQ = (5x+20)° = (5 . 20 + 20)° = (100 + 20)° = 120°
Jadi; besar SRQ adalah 120°

_______________________________________
Setelah membaca Modul di atas 
info : buku paket dibaca dan dipahami.. (di website ini ada buku kelas 7 semester 2 bisa kalian lihat)




Share this Article on :
 

© Copyright fajar is a teacher 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates || Modify by Fajar Harry P | Powered by Blogger.com.